Jumat, 05 Oktober 2007

Selamat Jalan Kawanku

Selamat Jalan Kawanku
Karya: Asnawin

Aku terbangun ketika alarm hp-ku berbunyi
Jam menunjukkan pukul 03.01 dinihari
Aku pun bangun untuk makan sahur
Isteriku rupanya sudah sibuk di dapur

Tiba-tiba hp-ku berbunyi lagi
Sebuah sms dari teman sekantor
Aku membacanya
Dan berita itu akhirnya datang

Teman sekantor kami meninggal dunia
Dia sakit sejak bulan lalu
Dokter bilang, sakitnya gangguan fungsi hati
Akhirnya Tuhan pun mengambil nyawanya

Lanskap ingatanku langsung menerobos waktu
Ketika kami bercanda di kantor
Ketika kami berekreasi
Ketika kami saling curhat

Temanku itu seorang Kristiani yang cukup taat
Tetapi ia fasih mengucapkan sebuah ayat Alquran
Innallaha ma'asshabirin
Sesungguhnya Tuhan bersama orang yang sabar

Ia memang cukup sabar
Sabar menghadapi berbagai masalah
Sabar menghadapi pimpinan yang semiotoriter
Sabar mendidik dua anaknya yang sudah dewasa

Ketika aku menjenguknya di rumah sakit
Ia berkata lirih
"Anak-anak saya sudah pada besar,
saya sudah agak tenang."

Aku masih sempat memeluknya
Memberinya semangat
Mengajaknya bekerja kembali setelah sembuh
Tetapi Tuhan rupanya berkehendak lain

Selamat jalan kawan
Semoga arwahmu tenang
Semoga keluargamu tenang
Kami semua mendoakanmu

Makassar, 6 Oktober 2007

Tidak ada komentar: