Langsung ke konten utama

Wartawan Senior Moein MG Meninggal Dunia


Keterangan gambar: Andi Moein MG

Wartawan Senior Moein MG Meninggal Dunia

Makassar, 27 Juli 2010

Wartawan senior Andi Moein Mappa Gessa (Moein MG) menginggal dunia dalam usia 79 tahun di rumah sakit Pelamonia, Makassar, Senin, 26 Juli 2010, setelah dirawat selama dua pekan karena penyakit komplikasi.

Jenazah almarhum sempat dilepas oleh pengurus harian PWI Sulsel, serta ratusan wartawan, keluarga, dan handai-taulan almarhum, di Gedung PWI Sulsel, Jl. AP Pettarani, Makassar, Selasa siang, 27 Juli 2010, sebelum diberangkatkan ke Kabupaten Sinjai untuk dimakamkan.

Almarhum Moein MG yang meninggalkan seorang isteri, tujuh anak, serta 21 cucu itu telah menjadi wartawan sejak 1948 (Pemred Mingguan Pelajar Angkatan Muda) dan tetap menjadi wartawan (Pemred/Pemimpin Umum SKM Makassar Press) hingga di akhir hayatnya.

Selain sebagai wartawan, Moein semasa hidupnya juga menulis beberapa buku tentang pers / jurnalistik, serta aktif sebagai pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel dan beberapa organisasi lain.

Moein yang pendiri kelompok wartawan senior dalam lingkup PWI Sulsel dengan nama ''Glamour'' yang kemudian berubah menjadi Yayasan Wartawan Senior PWI Sulsel, tercatat sebagai penerima penghargaan ''Penegak Pers Pancasila dari PWI Pusat.

''Yayasan Wartawan Senior berhasil melobi Walikota Makassar (ketika itu HB Amiruddin Maula) untuk mendapatkan sebidang tanah yang diperuntukkan sebagai Taman Makam Wartawan PWI Sulsel di daerah Sudiang, Makassar. Sayangnya, keluarga almarhum lebih memilih memakamkan almarhum di pemakaman keluarga di Kabupaten Sinjai, padahal Taman Makam Wartawan PWI Sulsel dirintis oleh almarhum,'' jelas Ketua Pelaksana Taman Makam Wartawan PWI Sulsel, Andi Pasamangi Wawo, kepada Asnawin (Ketua Seksi Pendidikan PWI Sulsel), seusai pelepasan jenazah di Gedung PWI Sulsel, Makassar, Selasa, 27 Juli 2010. (asnawin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…