Langsung ke konten utama

Cetak Wartawan Berkualitas Melalui Pendidikan

Cetak Wartawan Berkualitas Melalui Pendidikan

Pengurus PWI Sulsel foto bersama Ketua DPRD Sulsel, di ruang kerja Ketua DPRD Sulsel, Rabu, 24 November 2010. (foto: tamsir)

Harian Fajar, Makassar
Kamis, 25 November 2010
http://metronews.fajar.co.id/read/110501/61/cetak-

MAKASSAR -- Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sulsel, Zulkifli Gani Ottoh, menyebutkan bahwa kualitas dan profesionalisme sumber daya manusia wartawan, masih banyak yang belum memenuhi kriteria yang diharapkan. Khususnya dalam membuat laporan baik cetak maupun elektronik. Masih perlu mengikuti pendidikan jurnalis guna mencetak wartawan berkualitas.

Hal ini diungkap Zulkifli saat bertemu Ketua DPRD Sulsel, HM Roem, Rabu, 24 November. Zulkifli didampingi sejumlah pengurus teras PWI Sulsel periode 2010-2015.

"Salah satu program utama pengurus PWI 2010-2015 adalah sekolah jurnalisme. Sulsel merupakan provinsi kelima yang memprogramkan sekolah jurnalisme di Indonesia," ujar Zulkifli.

Untuk menjalankan program dalam rangka meningkatkan kualitas SDM wartawan di Sulsel ini, Zulkifli menyebutkan kalau PWI telah melakukan kerja sama dengan Pemprov Sulsel.

Program pendidikan bagi wartawan di PWI Sulsel ini agendanya berlangsung selama satu bulan pada setiap angkatan. Zulkifli yakin, kelemahan yang dialami wartawan saat ini sedikit bisa teratasi jika mereka mengikuti pendidikan wartawan.

"Setidaknya persoalan 'okkot' tidak ada lagi," kata Zulkifli.

Pengurus PWI Sulsel periode 2010-2015 dilantik pada 8 Desember mendatang. Kemarin, pengurus terpilih sengaja menggelar silaturahmi dengan Ketua DPRD Sulsel, Ketua Pengadilan Tinggi Makassar, Kepala Kejati Sulsel, dan Kepala Polda Sulsel.

Ketua Bidang Pendidikan PWI Sulsel, Nursyamsu Sultan, menambahkan, selain pendidikan kewartawanan, PWI juga telah memprogramkan langguage centre bagi wartawan di daerah ini. Pusat bahasa ini nantinya akan memberikan kesempatan wartawan untuk mengikuti pendidikan bahasa khususnya Bahasa Inggris dan Bahasa Mandarin. (sah)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritikan, dan sarannya di blog http://pwi-sulsel.blogspot.com]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…