Rabu, 02 Maret 2016

Diperdayakan (?)


Saat googling untuk mencari biodata almarhum Ibrahim Rewa (mantan Bupati Takalar, yang meninggal dunia, Rabu pagi, 2 Maret 2016), saya menemukan berita online berjudul: "Takalar Punya Lokasi Buang Sampah Terbaru."





----------

DIPERDAYAKAN



Saat googling untuk mencari biodata almarhum Ibrahim Rewa (mantan Bupati Takalar, yang meninggal dunia, Rabu pagi, 2 Maret 2016), saya menemukan berita online berjudul: "Takalar Punya Lokasi Buang Sampah Terbaru."

Karena saya anggap ini berita menarik, maka saya pun membacanya. Pada paragraf kedua, bagian kutipan langsung pernyataan Bupati Takalar (seharusnya dijadikan paragraf ketiga, karena membuka kutipan langsung), tertulis kata: " ... sehingga masyarakat sekitar bisa diperdayakan untuk bekerja,"
Kata "diperdayakan", tentu saja salah, karena kata ini bisa berarti ditipu. Yang benar adalah "diberdayakan", artinya dibuat berdaya.

Kalau pun narasumber salah ketika mengucapkannya, wartawan harus membenarkannya ketika menulis berita, jangan ikut-ikutan salah.

Mohon maaf (dan janganki marah kodong), ini hanya curahan hati saya sebagai pembaca.

Gowa, 2 Maret 2016
Asnawin Aminuddin

Tidak ada komentar: