Langsung ke konten utama

Anggaran Pendidikan Gratis di Enrekang Rp 12,8 Miliar

Anggaran Pendidikan Gratis di Enrekang Rp 12,8 Miliar

Senin, 11 Oktober 2010 | 07:06 WITA
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/132002/Anggaran-Pendidikan-Gratis-di-Enrekang-Rp-128-Miliar

Enrekang, Tribun - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Enrekang mengganggarkan biaya program pendidikan gratis di daerah itu sebesar Rp 12,8 miliar lebih untuk 261 sekolah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Dikpora Enrekang, Arfah Rauf, pada kunjungan Safari Jurnaslitik PWI Sulsel, Sabtu (9/10), di Ruang Pola Kantor Bupati Enrekang.

Menurut mantan Kepala Infokom Enrekang itu, dengan adanya anggaran pendidikan gratis itu maka tidak ada lagi alasan bagi anak di Enrekang untuk tidak bersekolah.

"Kita masih sangat komitmen dengan anggaran yang disediakan pemerintah. Sebanyak 261 sekolah di Kabupaten Enrekang, terdiri atas SD, SMP, dan SMA sederajat semuanya mampu dibiayai oleh anggaran itu," kata Arfah dalam rilis humas pemkab setempat, Minggu (10/10) lalu.

Dana pendidikan gratis itu disalurkan ke rekening sekolah masing-masing agar tidak terjadi penyalahgunaan anggaran. Jika pemerintah pusat mencanangkan wajib belajar sembilan tahun, maka di Enrekang dilaksanakan wajib belajar 12 tahun. Atau mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA.

Tahun ini, Enrekang sudah memulai wajib belajar bagi SMA dan sederajat dengan menganggarkan biaya Rp 2,5 miliar.

Selain itu, untuk program buku murah yang namanya diubah menjadi program buku bersubsidi, memperoleh bantuan Rp 230 juta dari pemerintah provinsi dari total anggaran Rp 2,5 miliar yang disiapkan.

Rombongan safari jurnalistik PWI Sulsel diterima Sekretaris Kabupaten Enrekang, M Amiruddin. (rip)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…