Langsung ke konten utama

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)



 


----------------------------

 

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal


Oleh: Asnawin

(Pengurus PWI Sulsel)

Dewan Pers telah menerbitkan buku berjudul ''Data Pers Nasional 2010''. Dalam buku tersebut, termuat Data Pers Media Cetak, Data Pers Radio, serta Data Pers Televisi.

Khusus di Sulsel, buku tersebut membuat data penerbitan pers media cetak dengan rincian media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV.

Ketua Dewan Pers Prof Bagir Manan dalam pengantar di buku tersebut menulis, bahwa pada dasarnya tugas pendataan yang dilakukan oleh Dewan Pers masih seperti tahun-tahun sebelumnya, dengan penambahan persiapan-persiapan pelaksanaan Piagam Palembang, 9 Februari 2010.

Pada waktunya nanti, kata Bagir, pendataan ini akan memilah, antara perusahaan pers yang meratifikasi Piagam Palembang dengan perusahaan pers yang belum meratifikasikannya.

Sementara Tim Pendataan Penerbitan Pers menjelaskan bahwa pada pendataan tahun 2010, Dewan Pers merumuskan kriteria dan kualifikasi perusahaan pers, antara lain perusahaan pers yang didata adalah perusahaan pers yang berbadan hukum Indonesia dengan mencantumkan nama pengelola, serta alamat yang dapat diverifikasi.

Selain itu, Dewan Pers juga hanya mendata penerbitan yang diterbitkan untuk konsumsi masyarakat umum, bukan untuk kepentingan internal, buletin organisasi, jurnal yang dibagi gratis, media kehumasan, dan sejenisnya.

Penerbitan yang tidak dijual secara terbuka dan tidak komersil kepada masyarakat, atau penerbitan yang dibagikan secara gratis, juga tidak dimasukkan dalam data, kecuali kalau diterbitkan sebagai usaha komersil melalui perolehan iklan dan isinya memenuhi kriteria pers.

Berikut data penerbitan pers di Sulawesi Selatan tahun 2010:

Harian:
1. Berita Kota Makassar
2. Fajar
3. Palopo Pos
4. Pare Pos
5. Radar Bone
6. Radar Bulukumba
7. Tribun Timur
8. Ujungpandang Ekspres

Mingguan:
1. Aktualita
2. Bestari
3. Borgol
4. Bugis Pos
5. Demos
6. Eksis
7. Fajar Pendidikan
8. Global News
9. Indonesia Pos
10. Inti Berita
11. Kompak
12. Koran Rakyat
13. Kosong Satu
14. Lacak
15. Lensa Selatan
16. Lintas
17. Makassar Press
18. Manggala Express
19. Matahari Timur
20. Media Aktual
21. News Pratama
22. Pembela
23. Perintis Nusantara
24. Semangat Pagi
25. Sinergi
26. Solusi
27. Sukses Indonesia
28. Suara Cikas
29. Surya Pos
30. Tegas
31. Ujung Pandang Pos
32. Utusan
33. Utusan Perempuan

Bulanan:
1. Akselerasi
2. Awas
3. Bias
4. Berita Antikorupsi
5. Corong Rakyat
6. Citra Berita
7. Dinamika Indonesia
8. Faktual
9. Global News
10. Info Indonesia
11. Karya
12. Kibar Indonesia
13. Komando Plus
14. Kontrol
15. Makassar Pena
16. Makassar Terkini
17. Media Nasional
18. Mitra Media
19. Metro Watampone
20. Mitra Plus Pendidikan
21. Nuansa Kota
22. Pecinan Terkini
23. Polemaju Pratama
24. Profiles
25. Rajawali Pos
26. Suar Indonesia
27. Suara Reformasi
28. Surlita Indonesia
29. Surya Timur
30. Target Tuntas
31. Transparansi
32. Waktoe. 


--------------------
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritikan, dan saran anda di blog http://pwi-sulsel.blogspot.com]

Komentar

aris mengatakan…
Update
Perusahaan pers mana saja yang masih eksis dan sudah fakum. Masyarakat mau tahu itu, lagi pula sekarang banyak perusahaan pers bermunculan. Mohon infonya
Tabloid Deteksi mengatakan…
kalau bisa di update lagi dog datanya untuk 2016

Postingan populer dari blog ini

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…