Selasa, 25 Januari 2011

Fit and Propert Test KI Sulsel Digelar Pekan Depan


Fit and Propert Test terhadap calon komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan segera diselenggarakan. Sebanyak 12 calon (seorang di antaranya adalah wartawan) akan berhadapan dengan tim penguji, yakni anggota Komisi D DPRD Sulsel yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan jadwal yang dikeluarkan Komisi D DPRD Sulsel, fit and properts test akan dilaksanakan selama tiga hari, yakni Senin (31 Januari 2011) sampai dengan Rabu (2 Februari 2011)


---------------------------

Fit and Propert Test KI Sulsel Digelar Pekan Depan

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Rabu, 26-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60307

MAKASSAR, UPEKS--Fit and Propert Test terhadap calon komisioner Komisi Informasi (KI) Provinsi Sulawesi Selatan segera diselenggarakan. Sebanyak 12 calon akan berhadapan dengan tim penguji, yakni anggota Komisi D DPRD Sulsel yang berjumlah 15 orang.

Demikian dijelaskan Ketua Komisi D DPRD Sulsel, A Hery Suhari Attas usai menggelar rapat pembahasan Fit and Propertest KIP di ruang Komisi D DPRD Sulsel, Selasa, 25 Januari 2011.

Menurutnya, jadwal fit and propert test tersebut dimulai Senin hingga Rabu (31/1-2/2) mendatang. Untuk itu, sepekan Komisi D mulai melakukan persiapan bahan ujian. Rabu, calon komisioner yang akan mengikuti ujian diminta untuk segera memasukkan visi misi. Begitupula gagasan singkat mereka sebanyak 3 halaman.

"Jadwal sudah fix. Kami sudah melakukan persiapan sejak hari Minggu hingga Jumat pekan ini. Senin hingga Rabu pekan depan, kita sudah mulai menguji. Mulai Senin setiap harinya kita akan menguji empat calon," ucapnya.

Adapun pedoman teknis yang akan dilakukan bahan ujian, lanjut Wakil Ketua Fraksi PDK tersebut, di antaranya keterampilan komunikasi. Begitupula human realation, kedalaman wawasan, pengalaman manajerial, serta kedalaman tanggapan masyarakat atas visi misi. Terpenting gagasan singkat yang diajukan calon.

Hery mengungkapkan, pada hari pertama, Senin 31 Januari 2011, tim penguji akan menguji empat calon, yakni A Risma Dewi Endriana Jayadi, Abdul Haeba Ramli, Alamsyah, dan Andi Ardin. Pada hari kedua, 1 Februari 2011, akan diuji Asnawin, Aswar Hasan, Herry Hamzah, dan Jalaluddin Rahman. Hari ketiga, 2 Februari 2011, tim penguji akan menguji Mattekawan, Hidayat Nahwi Rasul, Muhammad Ali, dan Rayudaswati Budi.

"Pedoman teknis kita ada empat poin. Yakni melihat bagaimana komunikasi dan human relation calon. Melihat tingkat kedalaman wawasan mereka dan menggali pengalaman manajerial komisioner, serta meminta tanggapan masyarakat atas visi misi dan gagasan singkat mereka," katanya.

Dari hasil fit and propert test ini, ucap Hery, Komisi D akan menggelar rapat pleno di komisi. Rapat pleno mendengarkan seperti apa penilaian-penilaian dari tim penguji. Hasilnya akan dilaporkan ke pimpinan DPRD. Kemudian dilanjutkan hasil fit and propert test lalu diserahkan ke gubernur untuk ditetapkan dalam rapat Paripurna.

Tidak ada komentar: