Langsung ke konten utama

Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik HUT ke-341 Sulsel


LOMBA FOTO. Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan lomba karya tulis jurnalistik dalam rangka Hari Jadi ke-341 Sulawesi Selatan, dengan topik "Sulsel Menulis untuk Hari Jadi ke-341". Wakil Ketua PWI Sulsel, Hasan Kuba, mengatakan, PWI Sulsel telah menerima surat dari Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, yang berisi tema dan syarat-syarat bagi calon peserta lomba.

-------------

Lomba Karya Tulis dan Foto Jurnalistik HUT ke-341 Sulsel

Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengadakan lomba karya tulis jurnalistik dalam rangka Hari Jadi ke-341 Sulawesi Selatan, dengan topik ''Sulsel Menulis untuk Hari Jadi ke-341.''

Wakil Ketua PWI Sulsel, Hasan Kuba, mengatakan, PWI Sulsel telah menerima surat dari Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, yang berisi tema dan syarat-syarat bagi calon peserta lomba.

Lomba karya tulis ini bertema ''Peranan Pendidikan dan Kesehatan Gratis dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Masyarakat Sulawesi Selatan''. Lomba terbuka untuk masyarakat umum, tetapi karya yang diikutkan lomba harus sudah pernah termuat di media cetak umum (harian, mingguan, tabloid, dan majalah) periode 1 Januari s/d 19 Oktober 2010.

''Karya yang dilombakan adalah opini, dan harus merupakan karya asli, bukan saduran maupun terjemahan. Isi, gaya bahasa, dan teknik penyajian selaras dengan tema lomba. Artikel berdasarkan data dan fakta yang akurat, objektif, konstruktif, inspiratif, dan memberi solusi dan kontribusi terhadap kemajuan Sulawesi Selatan,'' papar Hasan.

Kepada enam pemenang disediakan hadiah berupa uang tunai, laptop dan piagam. Juara pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7 juta, juara kedua Rp 6 juta, juara ketiga 5 juta, juara harapan pertama Rp 3 juta, juara harapan kedua Rp 2 juta, dan juara harapan ketiga Rp 1 juta. Hanya juara pertama sampai juara ketiga yang mendapatkan hadiah laptop.

Lomba Foto Bidik Sulsel

Selain mengadakan lomba karya tulis, Pemprov Sulsel juga mengadakan lomba fotografi Bidik Sulsel, dengan tema ''Potensi-potensi Positif Provinsi Sulawesi Selatan''. Lomba terbuka untuk umum, tetapi belum pernah dipublikasikan dan juga belum pernah diikutkan lomba.

''Peserta diberi kebebasan dalam memilih objek yang memiliki potensi positif pada 24 kabupaten dan kota se-Sulsel. Setiap peserta dapat mengirim maksimal lima foto dalam bentuk cetak 5R dan soft copy,'' jelas Hasan.

Soft copy hasil foto digital atau hasil dipindai (scan) foto kamera analog disimpan dalam keping CD, dengan format penamaan file.

Hadiah kepada enam pemenang lomba foto Bidik Sulsel berupa uang tunai, tropi, dan kamera. Juara pertama mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp 7 juta, juara kedua Rp 6 juta, juara ketiga 5 juta, juara harapan pertama Rp 3 juta, juara harapan kedua Rp 2 juta, dan juara harapan ketiga Rp 1 juta. (Hanya juara pertama sampai juara ketiga yang mendapatkan hadiah kamera)

Keterangan lebih lanjut mengenai lomba karya tulis jurnalistik dan lomba fotografi Bidik Sulsel dapat ditanyakan kepada panitia seksi lomba / Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel, telepon (0411) 453965, 082187156584 (Firga) dan 085242113299 (Amrullah). (asnawin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Tiga Pertanyaan Sebelum Menulis Feature

DIKLAT JURNALISTIK. Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel, Asnawin Aminuddin, membawakan dua materi, yakni "Memahami dan Menulis Berita" dan "Teknik Menulis Feature", pada Diklat Jurnalistik Pelajar SLTA se-Kabupaten Bulukumba, di SMA Negeri 1 Bulukumba, Selasa, 25 Juni 2013. (ist)