Langsung ke konten utama

PWI Akan Bangun 5 Sekolah Jurnalistik

PWI Akan Bangun 5 Sekolah Jurnalistik

Harian Kompas, Jakarta
Jumat, 15 Oktober 2010
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/15/18551633/PWI.Akan

SEMARANG, KOMPAS.com — Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI memiliki target membuka lima Sekolah Jurnalisme Indonesia atau SJI di lima daerah di Indonesia pada 2010. Lima daerah tersebut adalah Palembang, Semarang, Bandung, Samarinda, dan Lampung.

Ketua Umum PWI Margiono di Semarang, Jumat (15/10/2010), mengungkapkan, pembukaan SJI tersebut ditujukan untuk mendidik para wartawan dalam meningkatkan profesionalitas dan kompetensi dalam menekuni profesi itu.

"Hambatan dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan pers sebenarnya terletak pada mendidik wartawan dalam mencapai profesionalitasnya. Hambatan-hambatan dari luar tidak ada," katanya.

Margiono mengatakan, para siswa SJI akan ditempa para pengajar yang terbaik dan mendapatkan kurikulum sesuai standar yang ditetapkan sehingga para lulusannya akan memiliki kompetensi. Dia berharap, lulusan SJI akan menjadi wartawan yang andal, memiliki etika, dan itikad baik dalam menjalankan profesinya, termasuk pemahaman terhadap kode etik jurnalistik.

"Iktikad baik perlu dimiliki seorang wartawan sehingga bisa memberikan kritik sosial yang bermanfaat, informasi bersifat edukatif, dan hiburan yang sehat dalam karya jurnalistiknya," ujarnya.

Saat ini, jumlah pekerja pers di Indonesia antara 60.000 dan 70.000 orang yang tersebar di berbagai media di Tanah Air. Dari jumlah tersebut, kata Margiono, belum banyak yang menempuh pendidikan formal jurnalistik.

"Kalau dilihat dari segi kode etik jurnalistik, kemungkinan hanya sekitar 20-30 persen pekerja pers yang mau membaca dan mencermati kode etik jurnalistik," kata Margiono.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…