Jumat, 15 Oktober 2010

PWI Akan Bangun 5 Sekolah Jurnalistik

PWI Akan Bangun 5 Sekolah Jurnalistik

Harian Kompas, Jakarta
Jumat, 15 Oktober 2010
http://edukasi.kompas.com/read/2010/10/15/18551633/PWI.Akan

SEMARANG, KOMPAS.com — Persatuan Wartawan Indonesia atau PWI memiliki target membuka lima Sekolah Jurnalisme Indonesia atau SJI di lima daerah di Indonesia pada 2010. Lima daerah tersebut adalah Palembang, Semarang, Bandung, Samarinda, dan Lampung.

Ketua Umum PWI Margiono di Semarang, Jumat (15/10/2010), mengungkapkan, pembukaan SJI tersebut ditujukan untuk mendidik para wartawan dalam meningkatkan profesionalitas dan kompetensi dalam menekuni profesi itu.

"Hambatan dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan pers sebenarnya terletak pada mendidik wartawan dalam mencapai profesionalitasnya. Hambatan-hambatan dari luar tidak ada," katanya.

Margiono mengatakan, para siswa SJI akan ditempa para pengajar yang terbaik dan mendapatkan kurikulum sesuai standar yang ditetapkan sehingga para lulusannya akan memiliki kompetensi. Dia berharap, lulusan SJI akan menjadi wartawan yang andal, memiliki etika, dan itikad baik dalam menjalankan profesinya, termasuk pemahaman terhadap kode etik jurnalistik.

"Iktikad baik perlu dimiliki seorang wartawan sehingga bisa memberikan kritik sosial yang bermanfaat, informasi bersifat edukatif, dan hiburan yang sehat dalam karya jurnalistiknya," ujarnya.

Saat ini, jumlah pekerja pers di Indonesia antara 60.000 dan 70.000 orang yang tersebar di berbagai media di Tanah Air. Dari jumlah tersebut, kata Margiono, belum banyak yang menempuh pendidikan formal jurnalistik.

"Kalau dilihat dari segi kode etik jurnalistik, kemungkinan hanya sekitar 20-30 persen pekerja pers yang mau membaca dan mencermati kode etik jurnalistik," kata Margiono.

Tidak ada komentar: