Langsung ke konten utama

SBY Berpesan Jangan Mundur dari Kebebasan Pers

SBY Berpesan Jangan Mundur dari Kebebasan Pers

www.detik.com
Jumat, 22/10/2010 13:05 WIB
http://www.detiknews.com/read/2010/10/22/130500/1472210/10/bertemu

Luhur Hertanto - detikNews

Jakarta - Pengurus Dewan Pers periode 2010-2013 menemui Presiden SBY di Kantor Presiden. Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit tersebut, Presiden SBY meminta agar pers tidak mundur dalam menyampaikan informasi.

"Tadi Presiden SBY menyampaikan komitmennya bahwa Indonesia tidak perlu mundur dari kebebasan pers," ujar Ketua Dewan Pers, Bagir Manan, di Kantor Presiden, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (22/10/2010).

Pertemuan dimulai sejak pukul 11.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.30 WIB. Bagir Manan tampak didampingi seluruh pengurus Dewan Pers yang baru antara lain, Uni Lubis, Bambang Harymurti dan Bekti Nugroho.

Pertemuan ini juga sebagai ajang perkenalan pengurus baru Dewan Pers di bawah kepimpinan Bagir Manan. SBY didampingi Menko Polhukam Djoko Suyanto, Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menko Kesra Agung Laksono, Mensesneg Sudi Silalahi, Menkominfo Tifatul Sembiring, dan Seskab Dipo Alam.

Kepada wartawan, Bagir juga menjelaskan perihal hasil pertemuannya dengan Menkum HAM Patrialis Akbar, terkait pelarangan tayangan program investigasi Sigi episode 'Bisnis Seks di Balik Jeruji Penjara' pada 13 Oktober. Bagir menyatakan, Patrialis tidak pernah memerintahkan agar tayangan tersebut dilarang untuk ditampilkan.

"Dalam pertemuan tadi Menkum menegaskan, sama sekali tidak pernah memberikan perintah atau arahan atau petunjuk agar tayangan Sigi mengenai 'Bisnis Seks di Penjara' tidak ditayangkan," terang mantan Ketua MA ini.

Bagir menambahkan, Patrialis sama sekali tidak keberatan dengan tayangan tersebut. Sehingga semuanya dikembalikan kepada SCTV apakah mau menayangkan atau tidak program tersebut.

"Dewan Pers menyerahkan kepada SCTV, apakah mau menayangkan tayangan itu atau tidak," ujar Bagir.
(ddt/nrl)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…