Langsung ke konten utama

PWI Sulsel Advokasi Wartawan ''Makassar TV''

PWI Sulsel Advokasi Wartawan ''Makassar TV''

Harian Ujungpandang Ekspres
Jumat, 25-03-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=63861


MAKASSAR, UPEKS---Kriminalisasi pers yang dialamatkan pada wartawan Makassar TV, Usman Afandi dan wartawan Koran Tempo, JUmadi mendapat kecaman pengurus PWI Cabang Sulsel. Kriminalisasi itu dilakukan oknum security PT Angkasa Pura I, Laode Sabadji dan Nur Ani beberapa hari lalu. Aparat Polresta Maros diminta menuntaskan kasus ini hingga ke meja hijau.


Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Pembelaan, Rifai Manangkasi dalam releasenya ke redaksi Upeks, Kamis (24/3) menjelaskan, PWI Sulsel setelah menerima laporan pengaduan manajemen Makassar TV, langsung melakukan investigasi. Hasilnya, ditemukan dugaan pelanggaran UU No.40/1999 tentang pers, utamanya pasal 1 ayat 8 dan pasal 8 serta pasal 4 dan 3.

"Selain melabrak UU No.40/1999 tentang pers, juga patut disangkakan melanggar pasal 310 jo to 335 KUHP," ujar Rifai.

Diakui Rifai, jika pihaknya telah koordinasi Ka Urbin Ops Satserse Polres Maros, Iptu Amin untuk proses lanjut kasus itu.

"PWI siap memberikan advokasi dan saksi ahli atas kasus yang dialami Usman dan Jumadi," tegas Rifai.

Rifai juga mengingatkan agar aparat dan masyarakat sesuai UU diberi ruang untuk memantau dan melaporkan analisis pelanggaran hukum, etika dan kekeliruan teknis pemberitaan yang dilakukan pers.

"Bukan dengan cara-cara seperti yang dipertontonkan security bandara itu," jelasnya. ()

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…