Langsung ke konten utama

Politeknik Negeri Makassar Gelar Diklat Jurnalistik


DIKLAT JURNALISTIK. Pengurus PWI Sulsel, Asnawin, membawakan materi ''Teknik Penulisan Berita (Straight News dan Feature News) pada Pelatihan Jurnalistik yang diadakan oleh Keluarga Muslim Politeknik Indonesia (Kamupi) Politeknik Negeri Ujungpandang, di Masjid Ulil Al-Baab Kampus Poltek Negeri Ujungpandang, Jl Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Km-10, Makassar, Sabtu, 28 Mei 2011. (Foto: ist)

-----------------

Politeknik Negeri Makassar Gelar Diklat Jurnalistik

Makassar, 29 Mei 2011

Keluarga Muslim Politeknik Indonesia (Kamupi) Poltek Negeri Ujungpandang mengadakan Diklat Jurnalistik, di Masjid Ulil Al-Baab Kampus Poltek Negeri Ujungpandang, Jl Perintis Kemerdekaan Tamalanrea Km-10, Makassar, Sabtu, 28 Mei 2011.

Materi yang diberikan pada diklat yang diikuti puluhan peserta itu, antara lain "Teknik Penulisan Berita (Straight News dan Feature News)" yang dibawakan oleh Asnawin dari PWI Sulsel.


Pada dasarnya, kata Asnawin, ada dua model pemberitaan di media massa, yaitu straight news dan feature news.

Straight news biasa juga disebut berita langsung, artinya berita yang langsung mengemukakan fakta atau informasi-informasi penting dari suatu kejadian pada paragraf awal. Unsur 5W + 1H langsung dikemukakan pada awal (alinea pertama hingga alinea kedua).

Lima W dan satu H dimaksud yaitu what (apa), who (siapa), when (kapan), where (dimana), why (mengapa), dan how (bagaimana).

Secara umum, kata Asnawin, pola penyajian straight news menggunakan piramida terbalik, yakni mengutamakan informasi paling penting pada bagian awal pemberitaan, selanjutnya informasi penting dan terbaru, agak penting, kurang penting, hingga informasi yang tidak terlalu penting pada bagian akhir berita.

"Straight news disajikan secara singkat, padat, tetapi jelas. Sebagian besar berita dalam koran harian menggunakan cara penyajian straight news. Itulah sebabnya, wartawan surat kabar atau koran harian, umumnya sangat mahir membuat berita dalam bentuk straight news," papar Asnawin.

Sedangkan feature news atau berita tidak langsung, biasanya diawali dengan kata-kata atau kalimat yang menarik pada paragraf awal, sedangkan unsur 5W + 1H terurai dalam paragraf-paragraf berikutnya.

"Feature news adalah berita yangg ditulis dengan gaya karangan khas atau berita yang di-feature-kan," jelas Asnawin.***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Tiga Pertanyaan Sebelum Menulis Feature

DIKLAT JURNALISTIK. Direktur Perpustakaan Pers PWI Sulsel, Asnawin Aminuddin, membawakan dua materi, yakni "Memahami dan Menulis Berita" dan "Teknik Menulis Feature", pada Diklat Jurnalistik Pelajar SLTA se-Kabupaten Bulukumba, di SMA Negeri 1 Bulukumba, Selasa, 25 Juni 2013. (ist)