Selasa, 09 Februari 2010

Kuliah Umum SBY: Mengapa Indonesia Harus Berhasil

Selasa, 09/02/2010 13:22 WIB
www.detik.com

Hari Pers Nasional
Kuliah Umum SBY: Mengapa Indonesia Harus Berhasil

Taufik Wijaya - detikNews

Palembang - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi dosen tamu pertama yang memberikan kuliah umum kepada puluhan siswa Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI). Materi kuliah SBY bertajuk 'Mengapa Indonesia Harus Berhasil'.

"Mungkin kita sedikit terlupakan akan dua peristiwa besar yang telah berhasil kita lewati sebagai bangsa Indonesia," kata SBY memulai kuliah umumnya dalam acara Hari Pers Nasional ke-64 di Hotel Aryaduta, Jalan POM IX, Palembang, Selasa (09/02/2010).

"Pertama kita telah mampu menghadapi ujian krisis pada tahun 1998 sampai 2000-an, dan tantangan reformasi yang begitu besar. Krisis membuat kita kolaps, hancur, runtuh, dan ekonomi kita tidak stabil. Bahkan Indonesia diramalkan akan menjadi negara yang gagal," terang SBY.

"Namun kita berhasil bertahan, terbukti dengan reformasi saat ini yang mulai berjalan, penegakkan hukum terus bergerak, peran militer telah kita koreksi, dan masih banyak yang lainnya," imbuhnya.

Menurut SBY, di tahun 2008 Indonesia kembali dilanda krisis ekonomi, krisis kepercayaan diri, dan krisis moral. Namun Indonesia juga tetap dapat bertahan dan bangkit.

"Demokrasi kita adalah perjalanan panjang, demokrasi kita harus untuk rakyat," kata SBY mengakhiri kuliahnya.

Sebelum memberikan kuliah itu SBY mengucapkan selamat atas terselenggaranya HPN ke-64 dengan sukses.

(tw/djo)

Tidak ada komentar: