Langsung ke konten utama

Kuliah Umum SBY: Mengapa Indonesia Harus Berhasil

Selasa, 09/02/2010 13:22 WIB
www.detik.com

Hari Pers Nasional
Kuliah Umum SBY: Mengapa Indonesia Harus Berhasil

Taufik Wijaya - detikNews

Palembang - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menjadi dosen tamu pertama yang memberikan kuliah umum kepada puluhan siswa Sekolah Jurnalistik Indonesia (SJI). Materi kuliah SBY bertajuk 'Mengapa Indonesia Harus Berhasil'.

"Mungkin kita sedikit terlupakan akan dua peristiwa besar yang telah berhasil kita lewati sebagai bangsa Indonesia," kata SBY memulai kuliah umumnya dalam acara Hari Pers Nasional ke-64 di Hotel Aryaduta, Jalan POM IX, Palembang, Selasa (09/02/2010).

"Pertama kita telah mampu menghadapi ujian krisis pada tahun 1998 sampai 2000-an, dan tantangan reformasi yang begitu besar. Krisis membuat kita kolaps, hancur, runtuh, dan ekonomi kita tidak stabil. Bahkan Indonesia diramalkan akan menjadi negara yang gagal," terang SBY.

"Namun kita berhasil bertahan, terbukti dengan reformasi saat ini yang mulai berjalan, penegakkan hukum terus bergerak, peran militer telah kita koreksi, dan masih banyak yang lainnya," imbuhnya.

Menurut SBY, di tahun 2008 Indonesia kembali dilanda krisis ekonomi, krisis kepercayaan diri, dan krisis moral. Namun Indonesia juga tetap dapat bertahan dan bangkit.

"Demokrasi kita adalah perjalanan panjang, demokrasi kita harus untuk rakyat," kata SBY mengakhiri kuliahnya.

Sebelum memberikan kuliah itu SBY mengucapkan selamat atas terselenggaranya HPN ke-64 dengan sukses.

(tw/djo)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…