Langsung ke konten utama

Makna Lambang PWI


LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)




--------------


Makna lambang PWI:


1. Dasar bentuk (warna hitam)
Segi lima - melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila.

2. Dasar bentuk bagian luar (warna biru).
Rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas).

3. Dasar bentuk bagian dalam:
--- a. lidah api semangat (merah)
--- b. pena mas (kuning mas)
--- c. lensa kristal (hitam/putih)
--- d. initial PWI (putih)

I. Diwujudkan dalam bentuk pohon beringin, yang melambangkan pengayoman bagi kehidupan pers umumnya dan karyawan pers khususnya.

II. Huruf lingkar Persatuan Wartawan ditempatkan di atas, sebagai atap pelindung. Huruf lingkar Indonesia ditempatkan di bagian bawah, sebagai tempat berpijak, di mana PWI berada.

4. Jumlah butir kapas 17 buah
--- Jumlah lidah api 8 buah
--- Jumlah butir padi 45 buah
--- Yang melambangkan pegangan teguh pada angka-angka Proklamasi 17-8-1945.

5. Warna-warna
--- a. Merah, hitam, kuning, putih, biru, diambil dari warna-warna yang dianggap mewakili nafsu baik dan buruk manusia.
--- b. Warna dasar lambang biru melambangkan angkasa yang tak terukir, yang juga melambangkan ilmu pengetahuan yang terus tak pernah berhenti, kerokhanian yang dalam tak terukur.
--- c. Warna butir padi/kapas, huruf lingkar kuning, melambangkan usaha yang tak pernah diam dalam mencapai hasil-hasil yang lebih balk dan bermanfaat bagi anggota, bangsa dan negara.
--- d. Warna dasar inisial, hitam, melambangkan ketulusan, kejujuran, kewajaran dan apa adanya.
--- e. Warna lidah api semangat merah, bisa juga berarti api (cahaya) yang tak kunjung padam, yang memberi cahaya penerang dalam kegelapan, bisa juga berarti semangat yang tak pernah mendingin, keuletan, tahan uji, kegairahan ceria, tak lekas putus asa.
--- f. Bagian kapas dan huruf PWI putih, melambangkan kesucian, kematangan, kesatriaan, pantang mundur.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…