Langsung ke konten utama

PWI Kembali Berikan Anugerah Adinegoro

PWI Kembali Berikan Anugerah Adinegoro

Kamis, 21 Oktober 2010
http://www.metrotvnews.com/metromain/news/2010/10/21/32054/PWI-Kembali

Metrotvnews.com, Jakarta: Persatuan Wartawan Indonesia kembali akan memberikan Anugrah Adinegoro sebagai apresiasi tinggi terhadap karya jurnalistik di Indonesia sepanjang 2011.

Anugerah akan diberikan kepada karya jurnalistik terpilih yang meliputi karya tulis, foto jurnalistik, tajuk rencana/opini, karikatur opini, karya jurnalistik radio dan televisi, demikian siaran pers Pengurus Pusat Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) yang diterima, di Jakarta, Kamis (21/10).

Penghargaan khusus juga akan diberikan berupa Jurnalistik Inovasi masing-masing untuk kategori karya infotainment dan jurnalistik berinternet.

Pengumuman pemenang dan penghargaan akan diserahkan pada puncak Hari Pers Nasional (HPN) pada 9 Februari 2011 di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Panitia pelaksana mengundang seluruh wartawan Indonesia yang aktif berpartisipasi dalam apresiasi atas karyanya dengan cara mengirimkan karya unggulan sesuai kriteria.

Karya jurnalistik yang akan dinilai meliputi jurnalistik tulis berupa laporan berkedalaman untuk media cetak, karya jurnalistik foto berita, karya jurnalistik radio, karya jurnalistik televisi, karya karikatur opini, serta karya tajuk rencana/opini untuk semua jenis media.

Untuk penghargaan khusus jurnalisme inovasi meliputi karya juranlistik infotainment dam karya jurnalistik berinternet (cyber journalism).

Seluruh harus karya memenuhi kriteria seperti mengandung bobot materi berkedalaman dan komprehensif, mengandung kelengkapan data, fakta, dan kekuatan argumentasi.

Teknik penyajian sistematika dan komposisi penulisan yang runut dan mengalir, sesuai dengan etika jurnalistik.

Selain itu juga menggunakan bahasa Indonesia jurnalistik yang baik dan benar dengan kejelasan ungkapan kata meliputi tata bahasa sesuai EYD, diksi yang tepat, serta rasa dan logika bahasa yang menarik.(Ant/RIZ)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…