Rabu, 06 Oktober 2010

Rombongan Safari Jurnalistik Menginap di Bone

Rombongan Safari Jurnalistik Menginap di Bone

Puluhan anggota rombongan Safari Jurnalistik PWI Sulsel menginap di Kabupaten Bone setelah berkunjung ke Kabupaten Gowa, Kabupaten Bantaeng, dan Kabupaten Sinjai, Rabu, 6 Oktober 2010.

Di Gowa, rombongan diterima oleh Sekretaris Kabupaten Gowa Drs H Muh Yusuf Sommeng MSi, dan beberapa pejabat terkait, di Baruga Karaeng Pattingalloang. Sekkab Gowa menjelaskan tentang program dan pelaksanaan Pendidikan Gratis dan Kesehatan Gratis. Selanjutnya dialog antara peserta Safari Jurnalistik dengan Sekkab Gowa dipandu Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh.

Zulkifli menjelaskan, Safari Jurnalistik yang merupakan program bersama Biro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel dengan Seksi Pendidikan PWI Sulsel, bertujuan memantau pelaksanaan program pendidikan gratis dan kesehatan gratis pada 16 kabupaten dan kota se-Sulsel.

Di Bantaeng, rombongan diterima pelaksana tugas Sekkab Bantaeng Drs H Zainuddin MSi dan beberapa pejabat terkait, di Restoran Aroma Laut. Seperti di Gowa, dialog antara pemkab Bantaeng dengan wartawan didahului dengan pemaparan tentang program pendidikan dan kesehatan gratis, setelah itu dilanjutkan dengan dialog.

Di Sinjai, rombongan Safari Jurnalistik PWI Sulsel diterima oleh Asisten II Drs H Mukhlis Isma MSi, didampingi beberapa pejabat terkait, di Rumah Makan Nikmat. Dialog berlangsung dalam suasana santai.

Pelaksanaan pendidikan gratis dan kesehatan gratis pada tiga kabupaten tersebut, memiliki beberapa perbedaan. Di Gowa, pemerintah setempat mewajibkan semua anak usia sekolah bersekolah dan memberikan sanksi kurungan maksimal enam bulan penjara serta denda uang sebesar Rp 50 juta kepada orangtua yang tidak menyekolahkan anaknya.

Di Bantaeng, pelaksanaan program pendidikan gratis dan kesehatan gratis disesuaikan dengan program yang sama yang dibuat oleh Pemprov Sulsel.

Di Sinjai, program pendidikan dan kesehatan gratis sudah dilaksanakan sejak tahun 2004. Pendidikan gratis mulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) hingga SMA, sedangkan kesehatan gratis berlaku bagi semua warga Sinjai, baik warga miskin maupun warga yang berstatus PNS dan atau orang berpunya.

Sekretaris Panitia Safari Jurnalistik, Hasan Kuba mengatakan pertemuan dengan pemerintah kabupaten Bone direncanakan dilangsungkan Kamis pagi, 7 Oktober 2010. (asnawin)

Tidak ada komentar: