Langsung ke konten utama

Sekolah Jurnalisme di Makassar Masih Angan-angan


MASIH ANGAN-ANGAN. Rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Makassar, tampaknya masih sebatas angan-angan. (int)








------


Sekolah Jurnalisme di Makassar Masih Angan-angan



Rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Makassar, tampaknya masih sebatas angan-angan.

Rencana tersebut sudah diumumkan secara terbuka oleh Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh sejak beberapa bulan lalu, bahkan ia menargetkan SJI sudah dibuka sebelum pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Sulsel, 30 Oktober 2010.

Kenyataannya, hingga akhir Oktober 2010, rencana tersebut belum terealisir. Malah, Ketua PWI Pusat Margiono tidak memasukkan Makassar sebagai salah satu di antara lima kota yang akan menyelenggarakan SJI tahun 2010 ini.

Margiono saat membuka SJI angkatan pertama di Semarang pertengahan Oktober lalu, mengatakan, PWI menargetkan akan membuka lima SJI di lima daerah di Indonesia pada 2010, yaitu Palembang, Semarang, Bandung, Samarinda, dan Lampung.

Pernyataan Ketua PWI Pusat itu seolah dibantah oleh Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh. Salah seorang petinggi Fajar Group itu mengatakan, Makassar mendapat giliran keempat setelah Sumatera Barat (Palembang), Jawa Barat (Bandung), dan Kalimantan Timur (Samarinda). Zulkifli tidak menyebut kota Semarang padahal ibukota Provinsi Jawa Tengah itu sudah melaksanakan SJI.

"Kita mendapat giliran keempat. Diharapkan dari sekolah ini kita mendapatkan jurnalis yang andal dalam menjalankan profesinya," katanya seperti dimuat harian Fajar, 13 Oktober 2010.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sulsel Hasan Kuba mengatakan, kemungkinan SJI baru bisa terealisir pada tahun 2011.

''Mungkin tahun depan baru bisa terlaksana, karena ini menyangkut anggaran,'' katanya. (asnawin)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…