Minggu, 31 Oktober 2010

Sekolah Jurnalisme di Makassar Masih Angan-angan


MASIH ANGAN-ANGAN. Rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Makassar, tampaknya masih sebatas angan-angan. (int)








------


Sekolah Jurnalisme di Makassar Masih Angan-angan



Rencana Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) membuka Sekolah Jurnalisme Indonesia (SJI) di Makassar, tampaknya masih sebatas angan-angan.

Rencana tersebut sudah diumumkan secara terbuka oleh Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh sejak beberapa bulan lalu, bahkan ia menargetkan SJI sudah dibuka sebelum pelaksanaan Konferensi Cabang (Konfercab) PWI Sulsel, 30 Oktober 2010.

Kenyataannya, hingga akhir Oktober 2010, rencana tersebut belum terealisir. Malah, Ketua PWI Pusat Margiono tidak memasukkan Makassar sebagai salah satu di antara lima kota yang akan menyelenggarakan SJI tahun 2010 ini.

Margiono saat membuka SJI angkatan pertama di Semarang pertengahan Oktober lalu, mengatakan, PWI menargetkan akan membuka lima SJI di lima daerah di Indonesia pada 2010, yaitu Palembang, Semarang, Bandung, Samarinda, dan Lampung.

Pernyataan Ketua PWI Pusat itu seolah dibantah oleh Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh. Salah seorang petinggi Fajar Group itu mengatakan, Makassar mendapat giliran keempat setelah Sumatera Barat (Palembang), Jawa Barat (Bandung), dan Kalimantan Timur (Samarinda). Zulkifli tidak menyebut kota Semarang padahal ibukota Provinsi Jawa Tengah itu sudah melaksanakan SJI.

"Kita mendapat giliran keempat. Diharapkan dari sekolah ini kita mendapatkan jurnalis yang andal dalam menjalankan profesinya," katanya seperti dimuat harian Fajar, 13 Oktober 2010.

Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sulsel Hasan Kuba mengatakan, kemungkinan SJI baru bisa terealisir pada tahun 2011.

''Mungkin tahun depan baru bisa terlaksana, karena ini menyangkut anggaran,'' katanya. (asnawin)

Tidak ada komentar: