Langsung ke konten utama

Pernyataan Pers PWI tentang Bencana Alam

Pernyataan Pers PWI tentang Bencana Alam

Senin, 08 November 2010

Sehubungan dengan terjadinya bencana alam beruntun yang terjadi di Tanah Air mulai dari longsor di Wasior, tsunami di Mentawai, dan erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta yang telah menelan korban jiwa ribuan orang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. PWI menyatakan belangsungkawa dan keprihatinan mendalam terhadap korban yang jatuh dan kepada korban yang selamat dan saat ini terpaksa menetap di pengungsian, agar tetap bersabar dan tabah menjalani ujian ini sampai ke luar dari kesulitan.

2. Wartawan anggota PWI pada khususnya dan media pada umumnya agar terus memperdalam pengetahuan tentang bencana alam dengan segala permasalahannya, sehingga menghasilkan liputan/pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat baik di tempat bencana maupun di Indonesia pada umumnya.

3. Wartawan yang meliput bencana agar membekali diri dan terus menjaga keselamatan dalam melakukan liputan dan tidak melakukan peliputan yang membahayakan diri sendiri dan juga pihak-pihak lain.

4. Pers nasional diimbau untuk terus menjaga pemberitaan yang akurat, hanya memberitakan prediksi dan opini dari pihak-pihak yang memiliki otoritas dan profesional, serta tidak bersikap spekulatif yang dapat menciptakan kegusaran masyarakat dan juga tidak menyiarkan berita bohong.

5. PWI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada media yang telah menggalang dana dan menyalurkannya kepada korban bencana dan untuk rehabilitasi kawasan bencana.

Jakarta, 8 November 2010

Pengurus Pusat PWI

Margiono
Ketua Umum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…