Selasa, 09 November 2010

Pernyataan Pers PWI tentang Bencana Alam

Pernyataan Pers PWI tentang Bencana Alam

Senin, 08 November 2010

Sehubungan dengan terjadinya bencana alam beruntun yang terjadi di Tanah Air mulai dari longsor di Wasior, tsunami di Mentawai, dan erupsi Gunung Merapi di Yogyakarta yang telah menelan korban jiwa ribuan orang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. PWI menyatakan belangsungkawa dan keprihatinan mendalam terhadap korban yang jatuh dan kepada korban yang selamat dan saat ini terpaksa menetap di pengungsian, agar tetap bersabar dan tabah menjalani ujian ini sampai ke luar dari kesulitan.

2. Wartawan anggota PWI pada khususnya dan media pada umumnya agar terus memperdalam pengetahuan tentang bencana alam dengan segala permasalahannya, sehingga menghasilkan liputan/pemberitaan yang bermanfaat bagi masyarakat baik di tempat bencana maupun di Indonesia pada umumnya.

3. Wartawan yang meliput bencana agar membekali diri dan terus menjaga keselamatan dalam melakukan liputan dan tidak melakukan peliputan yang membahayakan diri sendiri dan juga pihak-pihak lain.

4. Pers nasional diimbau untuk terus menjaga pemberitaan yang akurat, hanya memberitakan prediksi dan opini dari pihak-pihak yang memiliki otoritas dan profesional, serta tidak bersikap spekulatif yang dapat menciptakan kegusaran masyarakat dan juga tidak menyiarkan berita bohong.

5. PWI menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada media yang telah menggalang dana dan menyalurkannya kepada korban bencana dan untuk rehabilitasi kawasan bencana.

Jakarta, 8 November 2010

Pengurus Pusat PWI

Margiono
Ketua Umum

Tidak ada komentar: