Langsung ke konten utama

Mengenal Anggota Komisi Informasi Pusat

Anggota Komisi Informasi Pusat berjumlah tujuh orang. Di antara tujuh anggota Komisi Informasi Pusat itu, dua orang di antaranya berlatar-belakang wartawan. Mereka adalah Abdul Rahman Ma’mun (40 tahun, mantan produser berita di ANTV, wartawan di Metro TV, serta Redaktur Pelaksana di Majalah Panjimas) dan Ramly Amin Simbolon (56 tahun, wartawan senior yang merupakan salah satu kader terbaik dari Grup Pos Kota, Jakarta.




---------------------------


Mengenal Anggota Komisi Informasi Pusat



- Dua di Antaranya adalah Wartawan

Oleh: Asnawin

(Pengurus PWI Sulsel)

Anggota Komisi Informasi Pusat berjumlah tujuh orang. Di antara tujuh anggota Komisi Informasi Pusat itu, dua orang di antaranya berlatar-belakang wartawan. Mereka adalah Abdul Rahman Ma’mun (40 tahun, mantan produser berita di ANTV, wartawan di Metro TV, serta Redaktur Pelaksana di Majalah Panjimas) dan Ramly Amin Simbolon (56 tahun, wartawan senior yang merupakan salah satu kader terbaik dari Grup Pos Kota, Jakarta. Pengalamannya yang panjang sebagai wartawan di DPR dan Istana Kepresidenan membawanya pada jabatan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Terbit).

Berikut profil tujuh anggota Komisi Informasi Pusat.

KETUA
Komisioner Subkomisi Informasi Pertahanan dan Keamanan



Ahmad Alamsyah Saragih. 43 tahun. Pendidikan terakhir Sarjana Ekonomi jurusan Ekonomi dan Studi Pembangunan Universitas Padjadjaran, Bandung. Pernah bekerja sebagai Local Governance Specialist pada Initiative For Local Governance Reform (ILGR), World Bank.



WAKIL KETUA
Komisioner Subkomisi Informasi Hukum, Peradilan dan HAM

Henny S Widyaningsih. 52 tahun. Sejak 1985 menjadi dosen di jurusan Komunikasi FISIP Universitas Indonesia  (UI) dan 8 tahun menjadi Kepala Humas dan Protokol UI.   Ia juga aktif di berbagai organisasi profesi kehumasan, seperti Bakorhumas, Perhumas, ISKI, Amic  dan beberapa kali menjadi juri dalam penghargaan Anugerah Media Humas yang diselenggarakan oleh Bakorhumas dan Perhumas. Kini selain sebagai Wakil Ketua ia juga membidangi Penyelesaian Sengketa di KI Pusat.




ANGGOTA
Komisioner Subkomisi Informasi Pelayanan Dasar

Abdul Rahman Ma’mun. 40 tahun. Pernah menjadi produser berita di ANTV, wartawan di Metro TV, Redaktur Pelaksana di Majalah Panjimas. Meraih dua gelar S1, di Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada (UGM) dan IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sejak kuliah, aktif di dunia pers mahasiswa, antara lain menjadi Pemimpin Umum Majalah Balairung UGM dan mendirikan Perhimpunan Pers Mahasiswa Indonesia (PPMI) di tahun 1993. Di KI Pusat ia membidangi Sosialisasi, Edukasi dan Advokasi.
------------------------------------



ANGGOTA
Komisioner Subkomisi Informasi Perencanaan Kebijakan

Amirudin. 42 tahun. Lulusan S1 Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Diponegoro (1992), Graduate Diploma Bidang Komunikasi Kebudayaan University of Copenhagen Denmark (1996), S-2 Antropologi UI  (2002), Training Mediasi di Arizona State, Arizona State University USA (2006). Sejak 1992 menjadi Dosen Jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip, Ketua KPID Jawa Tengah (2007-2009), Kepala Badan Riset dan Data Mapilu-PWI Pusat, Anggota Presidium Jaringan Jurnalis untuk Transformasi, Edukasi,dan Demokrasi (J-TREND), sekretaris Moeslem Intelectual Institute for Civil Society (MIICS).  Dosen yang tengah menempuh S3 bidang Antropologi di Universitas Indonesia ini kini memegang Bidang Kelembagaan di KI Pusat.
---------------------------------




ANGGOTA
Komisioner Subkomisi Informasi Legislasi

Ramly Amin Simbolon. 56 tahun. Wartawan senior yang merupakan salah satu kader terbaik dari Grup Pos Kota, Jakarta. Pengalamannya yang panjang sebagai wartawan di DPR dan Istana Kepresidenan membawanya pada jabatan Wakil Pemimpin Redaksi Harian Terbit. Menyelesaikan S2  Kriminologi  FISIP Universitas Indonesia (2009). Ramly membidangi Penyelesaian Sengketa di KI Pusat.
------------------------------------



ANGGOTA
Komisioner Subkomisi Informasi Lingkungan Hidup, Tata Ruang dan Pertanahan

Dono Prasetyo. 44 tahun. Lulusan Fakultas Biologi Uni versitas Kristen Satya Wacana, Salatiga (1990). Profesi terakhir sebagai Direktur Pengembangan Intitusi Institut Studi Arus Informasi (ISAI). Aktif memperjuangkan kebebasan berekspresi termasuk di dalamnya adalah kebebasan media untuk menulis. Sebagai anggota  KI Pusat,  Dono membidangi Sosialisasi, Edukasi, dan Advokasi.
---------------------------



ANGGOTA
Komisioner Subkomisi Informasi  Anggaran dan Keuangan

Usman Abdhali Watik. 42 tahun. Dosen Ilmu Komunikasi di Universitas Paramadina dan Universitas Pelita Harapan Jakarta.  Menyelasaikan S1 di Jurusan Administrasi Negara Universitas Hasanuddin Makassar, dan S2-nya di Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia.  Usman yang  tengah menyelesaikan program doktor bidang Komunikasi Politik di Universitas Kebangsaan Malaysia ini juga bertanggungjawab atas Bidang Kelembagaan KI Pusat.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, kritikan, dan saran anda di blog http://pwi-sulsel.blogspot.com]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…