Langsung ke konten utama

Koran PWI Terbit Kembali


Setelah cukup lama tidak terbit, tabloid Koran PWI kembali diterbitkan oleh pengurus PWI Sulsel, yang ditandai dengan acara launching, di Kantor Koran PWI Jl Gunung Merapi 244, Makassar, Sabtu, 22 Oktober 2011. Acara launching yang dirangkaikan dengan Pembentukan Atlet Porwanas XI PWI Sulsel, dihadiri sejumlah wartawan senior, pimpinan media, pengurus dan anggota PWI, serta sejumlah undangan lainnya.

----------------

Koran PWI Terbit Kembali

Oleh: Asnawin

Setelah cukup lama tidak terbit, tabloid Koran PWI kembali diterbitkan oleh pengurus PWI Sulsel, yang ditandai dengan acara launching, di Kantor Koran PWI Jl Gunung Merapi 244, Makassar, Sabtu, 22 Oktober 2011. Acara launching yang dirangkaikan dengan Pembentukan Atlet Porwanas XI PWI Sulsel, dihadiri sejumlah wartawan senior, pimpinan media, pengurus dan anggota PWI, serta sejumlah undangan lainnya.

Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh mengatakan, Koran PWI merupakan wajah PWI Sulsel, sehingga berita-berita yang ditampilkan harus melalui proses seleksi yang cukup ketat oleh para pengelola.

Pemred Koran PWI H Mappiar mengutarakan bahwa setelah ditunjuk menjadi Pemimpin Redaksi, dirinya langsung mencari beberapa wartawan yang sudah cukup berpengalaman untuk menemarinya mengelola Koran PWI.

"Kami selalu terbuka dikritik dan diberi saran. Kami juga siap dilengserkan setiap saat, apabila kami dianggap tidak mampu mengelola dengan baik koran ini," tandasnya.

Wartawan senior Ramiz Parenrengi memberikan apresiasi atas terbitnya Koran PWI di bawah kepengurusan PWI Sulsel yang kini dipimpin Zulkifli Gani Ottoh. Dia mengatakan, profesi wartawan lebih terpuji dibandingkan profesi lain yang pernah digelutinya.

"Profesi wartawan tidak kenal pensiun," kata Ramiz yang pernah menjadi anggota DPRD Kota Makassar.

 
Terbit 24 Halaman

Koran PWI diterbitkan pertama kali pada Februari 2009, untuk menyambut Hari Pers Nasional ke-63, yang puncak peringatannya dilaksanakan di Jakarta, pada 9 Februari 2009.

Pada awalnya, Koran PWI memakai tagline Media Pendidikan PWI Sulawesi Selatan dan dikelola oleh Bidang Pendidikan PWI Sulsel yang ketika itu diketuai Syarif Usman (TVRI Sulsel).

Berita-berita dan artikel yang disajikan oleh Koran PWI setebal 24 halaman ketika itu, hampir semuanya berkaitan dengan pers, jurnalistik, dan kewartawanan.

Kini, Koran PWI tetap tampil dengan format tabloid dan juga dengan tebal 24 halaman, tetapi rubrik dan isi beritanya agak jauh berbeda dibandingkan ketika pertama kali terbit. Tagline-nya juga berubah menjadi Terdepan di garis Independensi.

Di halaman pertama, Koran PWi menampilkan foto Syahrul Yasin Limpo (Gubernur Sulsel), Ilham Arief Sirajuddin (Walikota Makassar), dan Azis Qahhar Mudzakkar (anggota DPD RI) yang disebut-sebut bakal bertarung pada pemilihan gubernur 2013-2018.

Berita utama (HL) halaman satu berjudul "Pertarungan Dua Petarung, Siapa Paling Berpeluang", sedangkan berita second headline berjudul "Ada yang Mulai Gerah."

Di halaman dua, Ketua PWI Sulsel Zulkifli Gani Ottoh menulis artikel pendek dengan judul "PWI Sulsel Menjawab Tantangan". Halaman tiga diisi opini oleh H Mappiar dengan judul "Refleksi 30 Tahun Harian Fajar, Menjadi Lokomotif dan Spirit Pembangunan Sulsel."

Halaman 4-5 berisi rubrik Top News yang membahas Pilgub Sulsel 2013, halaman 6-7 rubrik Ekobis, halaman 8-9 rubrik Hukum, halaman 10-11 rubrik Budaya/Pariwisata, halaman 12-13 rubrik Galeri Foto, halaman 14 rubrik Indonesiana, halaman 15 rubrik Locus, halaman 16 rubrik Humaniora, halaman 17 rubrik Politika, halaman 18 rubrik Tekno, halaman 19 rubrik Seleb, halaman 20 rubrik Sport, halaman 21 rubrik Kesehatan, halaman 22-23 rubrik Ragam, sedangkan halaman 24 rubrik Tokoh.


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://pwi-sulsel.blogspot.com]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…