Langsung ke konten utama

Jadikan PWI sebagai Rumah Besar Para Wartawan


DEKLARASI DUKUNGAN. Sejumlah wartawan dari berbagai media foto bersama pada acara Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Wartawan yang dirangkaikan Pernyataan Deklarasi Dukungan kepada M Dahlan Abubakar (duduk di tengah) sebagai calon Ketua PWI Sulsel periode 2015-2020, di Gedung MULO Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, Senin, 12 Oktober 2015. (Foto: Asnawin)




------

M Dahlan Abubakar:

Jadikan PWI sebagai Rumah Besar Para Wartawan


Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) sebagai organisasi wartawan pertama dan terbesar di Indonesia seharusnya menjadi rumah besar bagi para wartawan. Gedung PWI juga sebaiknya dibuat terbuka dengan berbagai fasilitas pendukung bagi para wartawan.

"Kalau diberi amanah sebagai Ketua PWI Sulsel (periode 2015-2020), maka saya akan jadikan Gedung PWI Sulsel (di Jalan AP Pettarani 31, Makassar) sebagai rumah besar bagi para wartawan," tandas M Dahlan Abubakar, dalam berbagai kesempatan, termasuk saat berbincang-bincang dengan "Pedoman Karya", di Makassar, belum lama ini.

Pemilihan ketua dan pengurus PWI Sulsel akan dilangsungkan pada Konferensi PWI Provinsi Sulsel, di Makassar, 30 Oktober 2015. Rencana semula, konferensi digelar pada 17 Oktober 2015, namun karena satu dan lain hal, konferensi ditunda ke tanggal 30 Oktober 2015.

Dahlan Abubakar yang mantan Sekretaris PWI Sulsel dan juga mantan Pemred Harian Pedoman Rakyat, mengaku tidak berambisi menjadi Ketua PWI Sulsel, tetapi dirinya terpanggil dan merasa wajib memenuhi panggilan itu karena banyak wartawan yang memintanya, terutama wartawan senior.

"Terus terang saya tidak berambisi menjadi Ketua PWI Sulsel, tetapi saya merasa terpanggil karena diminta oleh sejumlah wartawan senior. Sejumlah wartawan lain juga meminta kesediaan saya untuk memimpin PWI Sulsel," katanya.

Jika terpilih sebagai ketua, Dahlan Abubakar yang sehari-hari juga dosen Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, mengaku akan mewakafkan dirinya untuk PWI.

"Sebenarnya saya akan menikmati hari tua dengan menjadi penulis buku sambil tetap menjalani profesi sebagai wartawan, tetapi kalau terpilih sebagai Ketua PWI Sulsel, maka saya akan mewakafkan diri saya untuk PWI," ungkapnya.

Deklarasi Dukungan Pada Senin, 12 Oktober 2015, di Gedung MULO Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sulsel, Jl Jenderal Sudirman, Makassar, belasan Pemimpin Redaksi berbagai media massa mendeklarasikan dukungan kepada Dahlan Abubakar sebagai calon Ketua PWI Sulsel periode 2015-2020.

Deklarasi dukungan tersebut dirangkaikan dengan Bimbingan Teknis Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diikuti puluhan wartawan dari berbagai media cetak, elektronik, dan media online.

Surat pernyataan deklarasi dukungan kepada Dahlan Abubakar yang ditandatangani belasan Pemimpin Redaksi tersebut dibacakan oleh wartawan senior dari RRI Makassar, Burhanuddin Mampo. (win)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…