Langsung ke konten utama

Jurnalis Ternate Kibar Bendera Setengah Tiang



Solidaritas untuk Ridwan (Foto: Rohmat Okezone)

Jurnalis Ternate Kibar Bendera Setengah Tiang

Minggu, 22 Agustus 2010 - 22:19 wib
Rival Fahmi - Okezone

TERNATE - Puluhan wartawan cetak dan elektronik di Ternate, menggelar aksi solidaritas untuk wartawan Sun TV, Ridwan Salamun, Minggu (22/8/2010) malam. Salah satu aksinya mereka mengibarkan bendera setengah tiang.

Ridwan adalah jurnalis yang tewas saat meliput bentrokan antarwarga di Kabupaten Tual, Maluku, Sabtu kemarin.

Usai menggelar shalat tarawih, para wartawan langsung berkumpul di jalan Pahlawan Revolusi, tepatnya di depan eks kantor Gubernur Maluku Utara pada pukul 21.30 WIT. Aksi tersebut diawali dengan orasi dari sejumlah jurnalis termasuk ketua PWI Maluku Utara, Supardi, dengan tema mengutuk kekerasan yang dilakukan terhadap pers.

Para wartawan juga membagi-bagi selebaran pada pejalan kaki maupun pengendara yang melintasi kawasan di pusat kota Ternate itu.

Dalam orasinya, para wartawan menuntut agar polisi segera mengusut tuntas kasus ini serta menangkap pelaku dan oknum-oknum yang terlibat dalam pertikaian tersebut.

"Kami mengutuk keras kekerasan yang dilakukan hingga yang menyebabkan tewasnya Ridwan ketika sedang meliput," ujar koordinator aksi, Idham Kurniawan Wahid.

Sementara itu Usman Sidik, kontributor Sun TV Maluku Utara berharap, apa yang menimpa Ridwan agar menjadi kasus terakhir bagi para wartawan terutama yang sedang melakukan tugas peliputan.

Para wartawan juga melakukan mengheningkan cipta serta pembacaan doa bagi Ridwan. Selain itu, pekerja pers yang menamakan dirinya Solidaritas Jurnalis Anti Kekerasan itu juga mengibarkan bendera setengah tiang dan menggelar doa bersama.

Aksi itu diakhiri dengan pembacaan puisi untuk Ridwan yang sengaja ditulis oleh Anto Purba, seorang wartawan senior di salah satu media cetak setempat.
(ded)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…