Senin, 23 Agustus 2010

Jurnalis Ternate Kibar Bendera Setengah Tiang



Solidaritas untuk Ridwan (Foto: Rohmat Okezone)

Jurnalis Ternate Kibar Bendera Setengah Tiang

Minggu, 22 Agustus 2010 - 22:19 wib
Rival Fahmi - Okezone

TERNATE - Puluhan wartawan cetak dan elektronik di Ternate, menggelar aksi solidaritas untuk wartawan Sun TV, Ridwan Salamun, Minggu (22/8/2010) malam. Salah satu aksinya mereka mengibarkan bendera setengah tiang.

Ridwan adalah jurnalis yang tewas saat meliput bentrokan antarwarga di Kabupaten Tual, Maluku, Sabtu kemarin.

Usai menggelar shalat tarawih, para wartawan langsung berkumpul di jalan Pahlawan Revolusi, tepatnya di depan eks kantor Gubernur Maluku Utara pada pukul 21.30 WIT. Aksi tersebut diawali dengan orasi dari sejumlah jurnalis termasuk ketua PWI Maluku Utara, Supardi, dengan tema mengutuk kekerasan yang dilakukan terhadap pers.

Para wartawan juga membagi-bagi selebaran pada pejalan kaki maupun pengendara yang melintasi kawasan di pusat kota Ternate itu.

Dalam orasinya, para wartawan menuntut agar polisi segera mengusut tuntas kasus ini serta menangkap pelaku dan oknum-oknum yang terlibat dalam pertikaian tersebut.

"Kami mengutuk keras kekerasan yang dilakukan hingga yang menyebabkan tewasnya Ridwan ketika sedang meliput," ujar koordinator aksi, Idham Kurniawan Wahid.

Sementara itu Usman Sidik, kontributor Sun TV Maluku Utara berharap, apa yang menimpa Ridwan agar menjadi kasus terakhir bagi para wartawan terutama yang sedang melakukan tugas peliputan.

Para wartawan juga melakukan mengheningkan cipta serta pembacaan doa bagi Ridwan. Selain itu, pekerja pers yang menamakan dirinya Solidaritas Jurnalis Anti Kekerasan itu juga mengibarkan bendera setengah tiang dan menggelar doa bersama.

Aksi itu diakhiri dengan pembacaan puisi untuk Ridwan yang sengaja ditulis oleh Anto Purba, seorang wartawan senior di salah satu media cetak setempat.
(ded)

Tidak ada komentar: