Langsung ke konten utama

Komisi Informasi Provinsi Sulsel

Tanpa melihat profil dan latar belakang 10 nama calon komisioner yang direkomendasikan oleh Komisi D DPRD Sulsel, kita berharap ketua dan pimpinan DPRD Sulsel bersama Gubernur Sulsel mempertimbangkan banyak hal sebelum menetapkan lima komisioner Komisi Informasi.


----------------------------------

Editorial SKU Pedoman, Makassar
Edisi 91, Tahun II, 25 Februari 2011:
------------------------------------

Komisi Informasi Provinsi Sulsel

Pemerintah dan masyarakat Sulsel kini menunggu terbentuknya Komisi Informasi Provinsi Sulsel periode 2011-2015. Ada sepuluh nama yang direkomendasikan oleh Komisi D DPRD Sulsel dari hasil uji kepatutan dan kelayakan yang mereka lakukan beberapa waktu lalu.

Berdasarkan UU Keterbukaan Informasi Publik pasal 30, ayat empat (setiap orang berhak mengajukan pendapat dan penilaian terhadap calon anggota Komisi Informasi), maka kami ingin memberikan masukan kepada Ketua DPRD Sulsel dan Gubernur Sulsel sebelum menetapkan lima anggota Komisi Informasi Provinsi Sulsel periode 2011-2015.

Tanpa melihat profil dan latar belakang 10 nama calon komisioner yang direkomendasikan oleh Komisi D DPRD Sulsel, kita berharap ketua dan pimpinan DPRD Sulsel bersama Gubernur Sulsel mempertimbangkan banyak hal sebelum menetapkan lima komisioner Komisi Informasi.

Pertama, anggota Komisi Informasi memang diharapkan memiliki pengalaman dalam aktivitas badan publik (pasal 30, ayat (1) huruf e), tetapi bukan berarti harus diambil dari orang yang sudah terlalu lama berada di komisi publik atau lembaga badan publik, karena ada kebosanan dari masyarakat jika melihat bahwa orang yang duduk di Komisi Informasi nanti adalah orang yang sama pada komisi publik lain selama beberapa tahun. Seolah-olah tidak ada orang lain yang mampu atau layak duduk di Komisi Informasi.

Selain itu, alangkah baiknya kalau pengalaman yang telah diperoleh di lembaga atau komisi publik dimanfaatkan lagi untuk peningkatan karier atau untuk kepentingan publik di lembaga lain, karena pengalaman dan pengetahuan tersebut pasti juga dibutuhkan di tempat lain, misalnya di dunia kampus atau di organisasi kemasyarakatan.

Kedua, karena ini adalah lembaga publik yang berfungsi menjalankan Undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, maka lembaga ini sebaiknya tidak diisi oleh pengurus parpol, mantan calon legislator (caleg), mantan ketua parpol, dan atau mantan legislator, karena bisa menimbulkan ketidakpercayaan terhadap independensi Komisi Informasi kelak dan juga dapat menurunkan kredibilitas Komisi Informasi.

Kita mungkin bisa berdebat tentang independensi dari pengurus pengurus parpol atau mantan legislator, tetapi anggapan masyarakat atau opini publik tentu tak bisa dibendung atau diabaikan begitu saja. Sayang sekali kalau sejak awal terbentuknya Komisi Informasi Provinsi Sulsel, masyarakat sudah tidak menaruh kepercayaan atau respek.

Ketiga, sebaiknya jangan memasukkan pengusaha atau pemilik perusahaan dalam Komisi Informasi, karena mereka pasti tidak bisa bekerja penuh waktu, padahal salah satu syarat calon komisioner Komisi Informasi yaitu harus bersedia bekerja penuh waktu.

Sangat kecil kemungkinan pengusaha atau pemilik perusahaan akan melepaskan begitu saja perusahaannya untuk dikelola orang lain hanya untuk mengabdi di Komisi Informasi yang gaji dan tunjangannya mungkin jauh di bawah penghasilannya sebagai pengusaha atau pemilik perusahaan.

Keempat, alangkah baiknya kalau Komisi Informasi diisi oleh orang yang sudah memiliki pengalaman atau praktisi di bidang informasi, antara lain dari kalangan wartawan dan humas, karena mereka pasti dapat lebih mudah beradaptasi dalam menjalankan tugas di Komisi Informasi dan juga kelak kemungkinan wartawan dan humaslah yang banyak berurusan dengan pelayanan dan sengketa informasi publik.

Kelima, sebaiknya hasil fit and propert test di Komisi D DPRD Sulsel jangan dijadikan sebagai satu-satunya penilaian, tetapi juga dipadukan dengan hasil test sebelumnya yakni psikotest dan test wawancara.

Mudah-mudahan masukan ini dapat dipertimbangkan oleh Ketua DPRD Sulsel dan Gubernur Sulsel, sebelum memilih lima komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulsel. Kita berharap Komisi Informasi yang terbentuk nanti dapat menjadi lembaga publik terpercaya dan bekerja sesuai yang diharapkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…