Langsung ke konten utama

Gedung PWI Jelas-jelas Milik Pemprov Sulsel


DUA WARTAWAN senior yang juga sama-sama pernah menjadi Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni Hasan Kuba (kiri) dan Andi Tonra Mahie, menegaskan bahwa Gedung PWI Sulsel yang terletak di Jl AP Pettarani 31 Makassar, adalah milik Pemprov Sulsel.




------------
Kamis, 14 Januari 2016


Gedung PWI Jelas-jelas Milik Pemprov Sulsel

*Jasa HZB Palaguna Sangat Besar


MAKASSAR, (PEDOMAN KARYA). Dua wartawan senior yang juga sama-sama pernah menjadi Wakil Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), yakni Andi Tonra Mahie dan Hasan Kuba, menegaskan bahwa Gedung PWI Sulsel yang terletak di Jl AP Pettarani 31 Makassar, adalah milik Pemprov Sulsel.
“Gedung PWI (Sulsel) itu jelas-jelas milik Pemprov Sulsel,” kata Andi Tonra Mahie (mantan Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Kesra), kepada “Pedoman Karya”, di Makassar, Rabu, 13 Januari 2016.
Ruislag yang dilakukan oleh Pemprov Sulsel terhadap Gedung PWI yang semula berlokasi di Jl Penghibur Makassar lalu dipindahkan ke Jl AP Pettarani 31 Makassar atas persetujuan DPRD Sulsel, merupakan bukti bahwa Gedung PWI Sulsel memang milik Pemprov Sulsel.
“Kalau memang PWI Sulsel yang punya, mengapa Pemprov Sulsel yang melakukan ruislag dan melalui persetujuan DPRD Sulsel. Kenapa bukan PWI Sulsel yang langsung melakukan ruislag atau menjualnya sekalian,” ujar Andi Tonra sambil tersenyum.
Hal yang sama dikemukakan Hasan Kuba, mantan Wakil Ketua PWI Sulsel Bidang Organisasi (pada periode 2010-2015).
“Saya hanya tersenyum-senyum mendengar kabar bahwa ada orang yang mengklaim Gedung PWI sebagai milik PWI Sulsel. Apa dasarnya? Apakah PWI Sulsel punya sertifikat kepemilikan?” tanyanya.
Saat ruislag Gedung PWI sekitar tahun 1995, katanya, Ketua PWI Sulsel dijabat oleh HM Alwi Hamu, yang tidak lain pemilik Harian Fajar.
“Pak Alwi saja tidak pernah mengklaim bahwa Gedung PWI adalah milik PWI Sulsel. Mengapa sekarang tiba-tiba ada orang yang berani menantang Pemprov Sulsel untuk membuktikan siapa pemilik Gedung PWI? Mengapa tidak dari dulu? Ada apa ini sebenarnya,” tanya Hasan.

Jasa HZB Palaguna

Andi Tonra Mahie dan Hasan Kuba sama-sama menyebut nama H Zainal Basri Palaguna (Gubernur Sulsel periode 1993-1998, 1998-2003) sebagai orang yang banyak berjasa dalam proses ruislag Gedung PWI Sulsel dari Jl Penghibur No 1 Makassar ke Jl AP Pettarani 31 Makassar.
“Jasa Pak Palaguna sangat besar dalam proses ruislag Gedung PWI Sulsel,” kata Andi Tonra yang menjadi anggota PWI sejak 1970.
“Karena jasanya yang besar itulah, PWI Pusat memberikan penghargaan Pena Emas kepada Pak Palaguna pada 2002,” ungkap Hasan Kuba. (win)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sulsel Miliki 76 Media Cetak, 28 Radio, dan 3 Televisi Lokal

BUKU ''Data Pers Nasional 2010'' memuat data media cetak dan media elektronik seluruh Indonesia. Di Sulsel, media cetak harian 8 (delapan), media cetak mingguan 33, dan media cetak bulanan 32. Media pers radio di Sulsel tercatat sebanyak 28, sedangkan stasiun televisi 3 (tiga), yakni Fajar TV, Makassar TV, dan Mitra TV. (int)

Makna Lambang PWI

LAMBANG PWI memiliki warna dasar hitam dan berbentuk segi lima, yang melambangkan rangka yang menjadi dasar landasan idiil, yakni Pancasila. Bentuk bagian luar berwarna biru, dengan rangkaian kapas dan padi melambangkan kesejahteraan, keadilan, dan kemakmuran yang diperjuangkan oleh organisasi (warna kuning mas). (int)

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan.


-----------------------------

Ketua PWI Perwakilan Sidrap Siap Lakukan Pembaharuan

Setelah terpilih sebagai Ketua PWI Perwakilan Sidrap periode 2011-2014, Hasman Hanafi langsung menyatakan tekadnya melakukan pembaharuan. Wartawan harian Ujungpandang Ekspres itu berjanji akan memberdayakan pengurus, membuat program kerja yang benar-benar dibutuhkan oleh wartawan, pemerintah dan masyarakat Sidrap dan Enrekang, serta membenahi sekretariat PWI Perwakilan Sidrap.

Tekad tersebut diungkapkan dalam beberapa kesempatan, antara lain pada Rapat Kerja PWI Sulsel di Makassar, Sabtu, 15 Januari 2011, serta sesaat setelah terpilih sebagai ketua pada Konferensi PWI Perwakilan Sidrap, di Hotel Grand Zidny Pangkajene Sidrap, S…